Harap

rainApa yang diharapkan hujan ketika jatuh ke bumi? Meski ia dihujat banyak orang sebab datangnya. Selalu akan ada orang yang merindukan kehadirannya. Apa yang diharapkan dari matahari dengan terik menyengatnya? Meski ia dihindari banyak orang, berlindung dibawah payung dan atap bangunan. Selalu akan ada orang yang menantinya dengan bahagia.

Sebab hujan dan matahari tidak peduli kepada mereka yang membenci. Hujan tetap akan jatuh, dan matahari akan tetap terik. Sebab mereka datang untuk orang-orang yang mencintai mereka. Mereka hadir untuk melengkapi harapan anak manusia. Tentang hari yang cerah agar bisa pergi bersama keluarga. Tentang hujan yang sendu agar bisa bermain ricik air. Mengumpulkan rindu. Atau menulis puisi yang indah tentang hujan.

Apa yang diharapkan hujan ketika ia sampai ke bumi? Apa yang diharapkan matahari ketika ia menerangi bumi? Mungkin sama besarnya dengan harapan kita ketika menanti mereka tiba.

Seperti itulah kehidupan kita bukan. Akan selalu ada orang yang tidak menyukai kehadiran kita. Namun, percayalah bahwa selalu ada orang yang mengharapkan keberadaan kita. Menanti dengan harapan. Dan kita tidak perlu datang untuk orang-orang yang benci, tidak usah pedulikan. Sebab kita datang untuk orang yang benar-benar mengharapkan kita. Bukan tentang siapa kita. Tapi menyadari bagaimana kita ternyata begitu berharga bagi orang lain.

Mungkin seperti harapan kita, bahwa kehadiran kita akan diterima dengan hangat oleh orang lain. Merasa diterima. (Kurniawan Gunadi/kurniawangunadi.tumblr.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s