Daftar Makanan Penyebab Bau Badan (dan Cara Mengatasinya)

mencium bauAnda sedang berada di dalam kereta api yang pengap, penuh penumpang, dan tiba-tiba bau telur busuk menyerbak. Stasiun demi stasiun, penumpang silih berganti, tetapi bau tak sedap itu tetap tinggal.

Anda pun menoleh ke kanan dan kiri, mencari siapa gerangan yang menjadi sumber bau itu (juga tempat duduk kosong, supaya Anda bisa pindah).

Lalu bau itu kembali menyergap. Sangat dekat, seperti dari diri sendiri. Anda pun tersadar — Andalah sumber baunya! Tetapi kok bisa? Bukankah Anda tidak habis fitnes, sudah mandi, bahkan sudah pakai parfum?

Selain napas, makanan kita juga memengaruhi bau badan. Jika Anda akan pergi kencan, atau wawancara, atau beredar di keramaian, simaklah beberapa fakta mengenai makanan berikut ini:

Sayuran Brassicaceae seperti brokoli dan kubis
Anak-anak kecil sekarang punya tambahan alasan untuk menolak sayuran seperti kubis dan brokoli dan sebangsanya. Makanan dengan kadar belerang tinggi ini memang ampuh mengusir racun dan sek karsinogen, tetapi mereka juga punya peran dalam bau badan.

Cara mengatasinya: Karena sayur-sayuran jenis ini ini amat penting bagi kesehatan, makanlah saat Anda sedang nyaman di rumah sendiri. Anda bisa juga mencelupkan sebentar sayuran ini ke dalam air mendidih untuk menghilangkan baunya.


Bawang bombay

Bawang bombay punya rasa yang menggugah selera, tetapi orang-orang di sekitar kita bisa tersiksa bila kita makan bawang bombay banyak-banyak. Setelah dicerna, minyak dalam bawang bombay ikut terserap ke aliran darah, masuk ke paru-paru, lalu keluar lewat napas. Tak heran jika Anda berbau bawang.

Cara mengatasinya: Jangan makan bawang bombay mentah. Tumislah terlebih dahulu agar minyaknya keluar, dan baunya pun melemah.

Makanan berserat tinggi
Makanan berserat tinggi memberi Anda energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Tetapi konsumsi lebih dari 5 gram serat (terutama persis sebelum fitnes) akan membuat aroma tubuh Anda tidak sedap. Anda juga bisa kembung dan buncit. Makanan berserat tinggi mengandung gas seperti hidrogen, metana, dan karbondioksida.

Cara mengatasinya: Banyak-banyaklah minum air putih, agar pencernaan seimbang.

Kelabat/klabet
Aroma bacon dan sirup maple memang enak di pagi hari. Tetapi bila sedang berolahraga di gym? Tidak terlalu. Cobalah kurangi konsumsi klabet, rempah yang biasa ada di makanan Timur Tengah. Klabet punya kandungan kimia bernama soloton, yang berperan dalam menciptakan aroma “manis” di keringat Anda.

Cara mengatasinya: Memang sih, wangi sirup tidak terlalu mengganggu. Tetapi jika aromanya kuat, bisa bikin pening. Jika Anda tidak bisa meninggalkan klabet, coba taburkan campuran baking soda dan jus lemon di daerah yang berkeringat, untuk membunuh bakteri.

Durian
Buah para raja ini mengandung karbohidrat, lemak, protein dan belerang yang tinggi. Akibatnya? Napas Anda pun berbau tak sedap. Anthony Bourdain bilang, “Napas Anda akan berbau seolah-olah Anda habis berciuman dengan mayat nenek Anda.”

Cara mengatasinya:
 Para ilmuwan tengah mengembangkan durian yang tak berbau (yeah, apa enaknya). Tetapi sementara waktu, cobalah makan jeruk setelahnya — baik dimakan langsung atau minum air perasan jeruk.


Kopi

Teman di pagi hari ini ternyata berbahaya bagi keberlangsungan kencan Anda. Kafein merangsang sistem saraf pusat Anda, dan mengaktifkan kelenjar keringat. Kopi juga bersifat asam, sehingga membuat mulut kering. Ketika air liur berkurang, bakteri tumbuh pesat dan membuat bau mulut.

Cara mengatasinya:
 Gantilah kopi dengan teh herbal yang berkafein rendah. Tak hanya mengusir bau mulut, tapi juga pilihan yang lebih sehat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s