Wawancara dengan Hacker Peretas Twitter AP

twitter-hackedTEMPO.CO, Jakarta – Pekan lalu, indeks saham Dow Jones sempat terjun. Musababnya, sebuah kicauan Twitter dari kantor berita Associated Press (AP) mengabarkan breaking news jika Gedung Putih diledakkan dan Presiden Obama terluka. Pasar bereaksi negatif. Indeks terjun bebas.
AP membantah isi kicauan itu. Begitu juga Gedung Putih. Presiden Obama dikabarkan sehat-sehat saja. Publik akhirnya sadar bahwa akun Twitter AP diretas. Kelompok yang menamakan diri Syrian Electronic Army mengaku berada di balik serangan peretasan ini. Mereka mengaku meretas untuk membalas campur tangan barat di konflik Suriah.
Situs Business Insider menelusuri siapa kelompok ini. Salah satu pemimpinnya, Th3 Pr0, mengaku masih SMA dan berumur 18 tahun. Dia mengaku juga meretas situs dan akun Twitter media barat lainnya. Berikut petikan wawancara via e-mail antara Business Insider dengan Th3 Pr0
Business Insider (BI) : SEA telah meretas berbagai situs berita di US, yang paling besar adalah peretasan akun Twitter AP. Mengapa Anda meretas situs media AS ?
Th3 Pr0 (TP): Sejak Awal krisis di Suriah misi kami adalah mempertahankan negara dengan melawan kampanye berita palsu tentang Suriah, tanah air kami. Mereka juga membuat kerusakan di negeri kami dengan mendukung kelompok-kelompok teroris di Suriah. Kami yakin pemerintah AS berada di balik dukungan ini.
BI: Bagaimana respon terhadap hasil peretasan anda? Misalnya, indeks Dow Jones yang turun secara signifikan setelah akun Twitter AP diretas. Bagaimana perasaan Anda terkait itu?
TP: Ya, itu memang tujuan kami… itu adalah kemenangan besar bagi kami.
BI: Seberapa sulit meretas situs atau akun Twitter ? Apakah rencana Twitter untuk otentikasi dua langkah dalam pengamanan password akan mempersulit peretasan Anda?
TP: Ini tidak mudah, tapi juga tidak sulit… mungkin langkah Twitter itu bisa mencegah peretasan. Namun, pada akhirnya kami akan meretas target kami seaman apa pun itu.
BI: Di mana basis Anda dan SEA? Apakah kalian semua di Suriah? Apa kalian keturunan Suriah?
TP: Secara administrasi SEA berbasis di Suriah, tetapi beberapa anggota kami tidak berada di Suriah. Kami semua adalah warga Suriah.
BI: Apakah Anda dibayar untuk meretas ? Jika ya, siapa yang membayar?
TP: Tentu tidak. Kami tak perlu uang untuk pekerjaan ini. Suriah adalah kampung halaman kami. dan tugas kami adalah mempertahankannya.
BI: Dalam laman about.me Anda menyebut umur 18 tahun. Apakah Anda masih SMA/kuliah?
TP: Ya benar, saya sekarang masih SMA dan tahun depan masuk kuliah.
BI: Apakah SEA banyak menyita waktu Anda? Apa yang akan Anda lakukan jika tak terlibat dalam proyek SEA?
TP: Ya, ini menyita waktu. Tapi, saya berusaha untuk mengatur waktu saya antara bekerja untuk SEA dan belajar. Dari dulu, sebelum bergabung dengan SEA, saya memang hacker.
BI: Bagaimana SEA bisa mempengaruhi perang di Suriah?
TP: Ini sangat mempengaruhi perang Suriah. Selain meretas, kami mencoba menyebarkan kebenaran tentang apa yang sebenarnya terjadi di Suriah melalui akun media sosial kami dan website.
BI: Jika Bashar al-Assad yang kalah di Suriah, apakah SEA akan lanjut terus?
TP: Kami tidak berbicara tentang satu orang di sini. Kami berbicara tentang seluruh negara dan rakyat. Jika Assad kalah, maka Suriah dan rakyat Suriah akan kehilangan. Namun, Suriah tidak akan menyerah. Kebenaran tidak pernah kalah.

Iklan

One thought on “Wawancara dengan Hacker Peretas Twitter AP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s